• Kalender Hijriyah

  • Amalia Hasanah

ABU BAKAR SHIDDIQ SANG KHALIFAH PERTAMA

A. Riwayat Hidup Abu Bakar Ash-Shiddiq
Abu Bakar lahir pada tahun 571 M, ia lahir dari pasangan Ummu Khair binti Sakhr dan Usman bin Amir bin Amr bin Sa’ad bin Taim (Abu Kuhafah). Semasa kecil Abu Bakar bernama Abdul Ka’bah, kemudian setelah masuk Islam berganti nama menjadi Abdullah bin Abi Kuhafah at-Taimi. Adapun gelar Abu Bakar diberikan kepada oleh Nabi Muhammad SAW. karena ia adalah orang yang paling cepat masuk Islam (bakr artinya bersegera). Sedangkan gelar ash-shiddiq yang diberikan kepadanya karena ia selalu membenarkan Nabi Muhammad dalam berbagai peristiwa, terutama peristiwa Isra’ Mikraj (ash-shidiq artinya membenarkan).
Abu Bakar as-Shiddiq dikenal mahir dalam ilmu nasab (ilmu pengetahuan mengenai silsilah keturunan). Ia menguasai dengan baik berbagai nasab kabilah dan suku-suku Arab, selain itu ia juga mengetahui tinggi rendahnya derajat masing-masing suku dalam bangsa Arab, terutama suku Quraisy.
Peran Abu Bakar dalam Islam sangatlah besar. Ia selalu memberi dorongan, semangat dan membela Nabi Muhammad dalam masa perjuangan Islam. Ia tidak segan-segan mengeluarkan uangnya dalam memperjuangkan Islam. Banyak budak yang disiksa oleh majikannya dibebaskan oleh Abu Bakar. Diantaranya adalah Bilal bin Rabah. Abu Bakar juga banyak mengajak para sahabatnya masuk Islam diantaranya adalah Usman bin Affan, Abdurahman bin Auf dan Zubair bin Awwam. Hubungan Nabi Muhammad semakin erat ketika anaknya, Aisyah diperistri oleh Nabi Muhammad.
Abu Bakar As-Shiddiq meninggal pada usia 63 tahun yakni pada hari Senin, 23 Agustus 634 M setelah jatuh sakit selama 15 hari. Sebelum meninggal beliau menunjuk penggantinya yaitu Umar bin Khattab. Abu Bakar dimakamkan disamping makam Nabi Muhammad SAW.
B. Kekhalifahan Abu Bakar As-Shiddiq
Ketika Nabi Muhammad SAW. wafat pada tahun 632 M, kaum muslimin dilanda kebingungan karena Nabi Muhammad SAW. tidak menunjuk penggantinya. Diantara kaum Muhajirin dan Anshar menginginkan pemimpin dari kelompok mereka masing-masing. Bila keadaan seperti itu terus dibiarkan maka akan terjadi perpecahan dikalangan kaum muslimin. Kemudian kaum muslimin bersepakat mengadakan musyawarah di Saqifah bani Sa’dah (tempat pertemuan penduduk Madinah), pada waktu itu kaum Anshar sepakat memilih Sa’ad bin Ubadah yang berasal dari golongan Anshar. Mendengar hal tersebut Abu Bakar mengusulkan agar memilih diantara Umar bin Khattab atau Ubaidah bin Jarrah, Abu Bakar juga menekankan tentang keistimewaan kaum Muhajirin. Tetapi kedua orang tersebut menolak dan akhirnya terpilihlah Abu Bakar ash-Shiddiq menjadi khalifah pertama.
Secara garis besar terpilihnya Abu Bakar Shiddiq karena 3 faktor yaitu :
1.          Menurut pendapat masyarakat umum pada waktu itu seorang khalifah hendaklah bersal dari suku Quraisy.
2.          Abu Bakar adalah satu-satunya sahabat yang ditunjuk Nabi Muhammad menggantikan menjadi imam salat ketika beliau sedang sakit.
3.          Abu Bakar adalah satu-satunya sahabat yang menemani Nabi Muhammad SAW. ketika berhijrah dan bersembunyi digua Sur.
Adapun jasa-jasa Abu Bakar selama menjadi Khalifah adalah sebagai berikut :
1.       Menumpas kaum murtad dan nabi palsu
Beberapa perlawanan kaum murtad dipimpin oleh :
·      Aswad al-Ansi
·      Tulaihah bin Khuwalid al-Asadi
·      Malik bin Nuwairah
·      Musailamah al-Kazab
2.       Perluasan wilayah Islam
Pada masa Abu Bakar perluasan wilayah Islam mencapai Persia (meliputi Irak, bagian barat Suriah/Syam dan bagian barat utara Jazirah Arab) dan Byzantium atau disebut juga Romawi Timur.
3.       Melakukan pengumpulan Al-Qur’an
Usaha ini dilakukan atas usulan dari Umar bin Khattab. Pada mulanya Abu Bakar merasa enggan melakukan tugas ini karena hal tersebut tidak pernah dilakukan oleh nabi Muhammad SAW. Akan tetapi Umar meyakinkannya dengan berbagai alasan diantaranya adalah Ketika itu Al-Qur’an ditulis dalam berbagai benda yang berserakan diberbagai tempat serta banyaknya penghafal Al-Qur’an yang gugur dalam perang Yamamah. Tugas pengumpulan al-Qur’an ini diketuai oleh Zaid bin Sabit.
Masa pemerintahan Abu Bakar Shiddiq berlangsung selama 2 tahun 3 bulan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: