• Kalender Hijriyah

  • Amalia Hasanah

USMAN BIN AFFAN PEMILIK DUA CAHAYA

Nabi Muhammad SAW bersabda :

 “Seandainya aku masih mempunyai putri lagi akan kunikahkan dengan

 Usman bin Affan”.

A. Riwayat hidup Usman bin Affan

Nama lengkapnya adalah Usman bin Affan bin Abul As bin Umayyah bin Abdu Syam, ia berasal dari kabilah bani Umayyah. Pekerjaannya adalah berdagang. Usman dikenal sebagai orang kaya yang dermawan dan murah hati. Usman tidak segan-segan membantu orang-orang yang membutuhkan.

Usman termasuk golongan as-sabiqunal awwalun artinya orang-orang yang pertama kali masuk Islam. Usman masuk Islam atas ajakan dari sahabatnya sesama pedagang yaitu Abu Bakar ash-Shiddiq. Usman menikah dengan dua putri Nabi Muhammad SAW yaitu Ruqayyah dan Ummu Kulsum sehingga Usman mendapat julukan Zu nurain yang artinya pemilik dua cahaya.

Dua sifat Usman yang paling menonjol adalah pemalu dan pemurah. Ketika perang Tabuk terjadi pada tahun 631 M, Usman menanggung sepertiga biaya perang. Ketika itu kaum muslimin enggan untuk berangkat perang. Hal ini disebabkan cuaca yang sangat panas. Usman bin Affan lalu menyumbangkan 950 unta, 50 kuda dan 1.000 dinar sebagai biaya perang. Akhirnya pada perang itu kaum muslimin memperoleh kemenangan yang besar.

Usman bin Affan termasuk dalam sepuluh orang yang dijamin masuk syurga dari nabi Muhammad SAW. Bahkan nabi Muhammad bersabda, “Sesungguhnya tiap nabi memiliki teman dan temanku disyurga adalah Usman bin Affan”.

B. Kekhalifahan Usman bin Affan

Usman bin Affan adalah khalifah ke-3 menggantikan Umar bin Khattab. Ia diangkat menjadi khalifah pada usia 70 tahun. Secara umum, masa pemerintahan Usman meliputi dua periode yang masing-masing berlangsung selama enam tahun. Periode pertama ditandai berbagai keberhasilan dan kejayaan. Periode enam tahun kedua ditandai oleh perpecahan, pergolakan dan pemberontakan dalam negeri. Adapun jasa-jasa Usman bin Affan selama menjadi khalifah adalah :

  1. Perluasan wilayah Islam : Usman bin Affan melanjutkan kebijakan Umar bin Khattab yaitu melanjutkan penakhlukan-penakhlukan. Penakhlukan itu berlangsung lewat jalan darat dan laut. Perluasan wilayah pada masa Usman sampai ke Tripoli, Kalkilia dan Siprus, Fergana, Kabul, Jurjan dan Khurasan
  2. Penyusunan Mushaf al-Qur’an : Perkembangan wilayah Islam membuat jumlah pemeluknya juga makin bertambah. Disetiap wilayah baru, disitu pula al-Qur’an ditinggalkan beserta penghafalnya. Akan tetapi al-Qur’an tersebut beragam bentuknya dan ditakutkan akan terjadi perselisihan. Maka Usman membentuk panitia penyusunan mushaf al-Qur’an yang diketuai oleh Zaid bin Sabit. Anggotanya adalah Abdullah bin Zubair dan Abdullah bin Haris. Salinan kumpulan al-Qur’an tersebut dinamakan al-Mushaf. Al-Mushaf diperbanyak sebanyak 4 buah dan dikirim ke Makkah, Suriah, Basrah dan Kuffah.

C. Peristiwa Fitnah dan terbunuhnya Usman bin Affan

Sebab-sebab peristiwa fitnah adalah :

  1. Usman bin Affan mengangkat pejabat-pejabat dari kalangan keluarganya (bani Umayah).
  2. Hilangnya pengaruh kaum Anshar dan bani Hasyim dalam pemerintahan Islam.
  3. Kesederhanaan dan kemurahan hati Usman membuatnya tidak bisa bersikap tegas.
  4. Pembuangan Abu Darda’ al-Ghifari telah membangkitkan kemarahan kaum muslimin.
  5. Kaum munafik yang dipimpin oleh Abdullah bin Saba’ menyebarkan hasutan kepada kalangan kaum muslimin.

Pada tahun 656 M terjadi pemberontakan di Mesir. Mereka menuntut agar gubernur Mesir diganti. Mereka juga meminta Usman bin Affan menyerahkan Marwan bin Hakam kepada mereka. Tetapi hal itu tidak disetujui oleh Usman bin Affan. Pada tanggal 17 Juni 656 M mereka memasuki rumah Usman bin Affan dan membunuh Usman yang tengah membaca al-Qur’an. Usman meninggal pada usia 82 tahun setelah memerintah selama 12 tahun.

Akibat dari terbunuhnya Usman bin Affan adalah :

  1. Bangkitnya kembali semangat kesukuan Arab
  2. Pecahnya kesatuan umat Islam
  3. Pusat pemerintahan bergeser dari Madinah ke Damaskus
  4. Gerakan perluasan Islam mengalami kemunduran
  5. Pecahnya perang saudara yang turun-temurun dalam Islam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: