• Kalender Hijriyah

  • Amalia Hasanah

PERANG HUNAIN

Terjadi pada tahun kedelapan Hijrah. Tepatnya tanggal 10 Safar atau dua minggu setelah peristiwa Fathu Makkah. Peperangan ini meletus di pegunungan Hunain. Rasulullah Saw. dapat menghimpun tentara sebanyak 12.000 orang. Pasukan paling depan adalah dari Bani Sulaim yang dipimpin oleh Khalid bin Walid. Sedangkan nabi Muhammad SAW. berada dibarisan paling belakang dengan menunggang seekor bagal putih.

Sedemikian banyaknya jumlah tentara muslimin sehingga sebagian kecil menyombongkan diri bahwa kemenangan pasti akan mereka dapatkan. Mendengar ucapan tersebut Allah menurunkan surat at-Taubah ayat 25-26 yang berbunyi : “

Karena kesombongan inilah mereka lengah. Ketika baru menyeberang Wadi Hunain, pasukan musuh menyerang kaum muslimin secepat kilat. Bergugurlah barisan-barisan orang-orang yang menyombongkan diri. Melihat hal tersebut, Abu Sufyan berguman, “Mereka tidak akan berhenti sebelum sampai ke laut”. Ia memang masih mempunyai dendam terhadap kaum muslimin. Syaibah bin Usman bin Talha, seorang bekas pemimpin musyrikin Makkah seperti Abu Sufyan berkata, “Kini saatnya aku membalas Muhammad atas kematian bapakku di Uhud dulu”. Sementara Kalada bin Hanbal mengatakan, “Sepertinya sihir Muhammad sudah tidak mempan lagi”.

Melihat suasana yang kacau, Rasulullah segera memperingatkan mereka agar bertobat dan minta ampun, juga menyerukan agar mengubah tujuan perang mereka semula yang ingin mendapatkan harta rampasan agar mengubah dengan berniat menegakkan agama Allah. Pada perang ini, suku Tsaqif dan Hawazin yang menyerang kaum muslimin memang membawa serta anak, istri serta harta kekayaan mereka.

Berkat pertolongan Allah Swt. keadaan menjadi berbalik, pasukan muslimin dapat dengan leluasa menguasai medan. Musuhpun akhirnya lari tunggang langgang. Termasuk pimpinannya yaitu Malik bin Auf. Akhirnya kemenangan dapat diperoleh dengan gampang. Pada perang inilah kaum muslimin mendapatkan banyak harta rampasan yang terdiri dari 22.000 ekor unta, 40.000 ekor kambing, 4.000 auqiyah perak dan 6.000 tawanan. Semua harta tersebut dimanfaatkan oleh Rasulullah untuk syiarnya Islam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: